4 Perusahaan Ternama yang Dibangun Bersama Keluarga di Asia

0
Foto:.eurotechnology.com

Menurut Credit Suise, tercatat ada 920 Perusahaan yang dibangun oleh keluarga yang tersebar di 35 negara di seluruh dunia 64% diantaranya merupakan Perusahaan yang berada di daratan Asia. Dan bisnis keluarga telah menjadi penunjang ekonomi-ekonomi negara di Asia termasuk Indonesia.

Mengapa banyak perusahaan di asia yang didirikan bersama keluarga? Alasannya akan bervariasi namun salah satunya adalah ikatan keluarga khas bangsa-bangsa Timur memang relatif lebih kuat di banding di negara-negara Barat. Biasanya perusahaan awalnya akan didirikan oleh salah satu anggota keluarga dan setelah itu, mereka akan memilih lingkaran keluarga untuk meneruskannya. Setelah perusahaan berkembang, mereka ingin anak-anaknya menjadi generasi yang meneruskan perjuangan mereka.

Meskipun begitu, bisnis keluarga tidak luput dari perpecahan dan masalah lainnya, namun Perusahaan-perusahaan keluarga terbukti tangguh karena dapat mempertahankan dan mengembangkan perusahaannya. Berikut ada beberapa bisnis yang dibangun oleh keluarga di Asia yang ternama:

  1. Softbank

Berdiri pada tahun 1981, Softbank merupakan perusahaan jasa telekomunikasi ternama yang berada di Jepang dengan Kapitalisasi Pasar sebesar 72 Milliar Dollar yang dimiliki oleh keluarga Son. Masayoshi Son merupakan orang terkaya kedua di Jepang yang tidak hanya memiliki perusahaan telekomunikasi namun juga memiliki 32% saham dari Alibaba 80% saham Sprint, Mobile, Internet, dan beberapa perusahaan e-commerce lainnya. Dikatakan bahwa, baru-baru ini Masayoshi son sedang mempersiapkan suksesor untuk meneruskan perjuangannya di Softbank.

2. Reliances Industries

Reliance merupakan perusahaan India yang bergerak dibidang Energi yang dimiliki oleh keluarga Ambani dengan Kapitalisasi Pasar sebesar 46 Milliar Dolar AS. Mukesh Ambani  merupakan Chairman Sekaligus CEO dari perusahaan ini, yang sebenarnya merupakan penerus ayahnya di perusahaan yang bernama Dhirubbai Ambani. Mukesh bersama istrinya Nita menjalankan perusahaan bersama, dan sementara anak-anak mereka yaitu Akash dan Isha menjalankan anak perusahaan dari Reliance yang bergerak di bidang retail dan unit telekomunikasi.

3. Foxconn

Foxconn adalah perusahaan Taiwan yang memiliki kapitalisasi saham sebesar 49 Milyar Dollar As. Didirikan oleh Keluarga Gou, Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur yang memiliki klien-klien besar seperti, Apple, Hewlett-Packard, Dell, dan Microsoft.

4. Samsung Electronics

Lee Kun-Hee membantu ayahnya untuk mengembangkan perusahaanya bersama yaitu Samsung group yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang informasi teknologi, menjadi konglomerat global dengan kapitalisasi saham sebesar 176 Miliar Dollar AS. Anaknya Lee yaitu Jay Y merupakan suksesor yang diharapkan untuk menggantikan kedudukannya kelak. Boo Jin dan Seo-Hyun yang merupakan anak perempuan dari Lee kini menduduki posisi ekskutif di Samsung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here