4 Kesalahan yang dilakukan Saat Interview Kerja

0
Foto: Pixabay

Ada orang yang mengatakan bahwa interview kerja merupakan proses yang susah-susah gampang. Bagi sebagian orang yang pernah di interview oleh sebuah perusahaan, menganggap dirinya telah berbuat maksimal namun tetap ditolak oleh perusahaan. Untuk itu, ada lebih baiknya  mengenal kesalahan apa yang sering terjadi pada saat interview kerja.

  1. Terlihat tidak Antusias. Berhati-hatilah pada bahasa verbal dan non-verbal yang kamu berikan kepada para interviewer karena hal tersebut berpengaruh pada penilaian kamu saat interview kerja. Karena bahasa tubuhmu selalu mengirimkan  pesan terhadap lawan bicaramu mengenai energimu saat itu. Saat kamu berada di posisi dimana sangat lelah, usahakan untuk tetap terlihat bersemangat dan antusias, tetap fokus dan jangan sampai hilang kendali atas dirimu. Berikan sinyal kepada interviewer bahwa kamu memberikan perhatian penuh terhadap wawancara ini,  Jangan lupa untuk berikan jawaban yang bijaksana dan sesuai.
  2. Menggunakan handphone saat wawancara berlangsung. Hal ini tidak hanya mengganggu konsentrasimu namun juga mengganggu proses interview berlangsung. Tidak hanya itu, secara tidak langsung kamu memberikan sinyal kepada interviewer bahwa kamu memiliki hal yang lebih penting daripada interview tersebut. Hal tersebut merupakan hal yang tidak pantas. Upayakan sebelum interview mematikan handphone dan taruh di tas.
  3. Cara berpakaian yang tidak sesuai dan tidak rapi. Kerapihan dikorelasikan dengan kesiapan yang matang. Interviewer akan menilai dirimu dari segi penampilan. Tidak perlu terlihat mewah, namun beri kesan rapi, bersih dan perhatikan juga aksesoris yang kamu kenakan saat interview
  4. Memalsukan Resume Kerja. Memalsukan data resume kerja adalah tindakan kriminal. Hal tersebut cepat atau lambat akan membahayakan karir serta reputasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here