2019, Dunia Teknologi akan Menyambut 5G

0
Foto: Pixabay

5G atau Fifth Generation (Generasi Kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler meleibih standar 4G.

Perkiraan sementara ini, nanti pada tahun 2020 dan 2035, penerapan 5G akan memberikan kontribusi pada PDB (Produk Domestik Bruto) global nyata yang setara dengan ukuran ekonomi India. Pada 2035 nanti, nilai 5G akan mendukung 22 juta pekerjaan di seluruh dunia dan menghasilkan output ekonomi sebesar USD 12,3 Triliun.

Awalnya, 5G tidak akan diluncurkan hingga 2020, namun seperti perusahaan yang mengembangkan teknologi 5G memutuskan memajukan tanggal rilis dan kita akan segera melihatnya di tahun 2019 nanti.

Baru-baru ini laporan datang bahwa sejumlah perusahaan telekomunikasi melakukan pengujian. Di Inggris, Vodafone dan EE telah mengumumkan rencana untuk mengadakan uji coba di kota-kota seluruh Kepulauan Inggris. Di sisi lain, Verizon, AT&T, T-Mobile, dan Sprint sangat bersemangat membuat rencana serupa dalam pengujian konektivitas 5G.

Di samping itu, smartphone pertama yang bakal memiliki dukungan konektivitas 5G bakal hadir pula pada tahun 2019 nanti. Ini semakin membuat para operator bersemangat menyambut hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here